PANTI ASUHAN “AN-NUR”

Panti Asuhan ini didirikan pada tahun 1981 dan dahulu terletak di Jl. Pemuda, Depok Lama. Kemudian pada tahun 1987 pindah ke Jl. Bumi Pancoran Mas. Kepindahan ini dikarenakan Panti Asuhan An-Nur mendapatkan hibah berupa uang dari anak FISIP UI hasil dari malam amal, oleh karena itu Panti Asuhan An-Nur pindah dan membangun panti yang lebih luas. Panti Asuhan An-Nur ini berada  di bawah Yayasan Amal Wanita Depok.

Panti Asuhan An-Nur memiliki 40 anak asuh yang terdiri dari tujuh anak SD, 15 anak SMP, dan 18 anak SMK. Uniknya, tidak seperti panti asuhan pada umumnya, Panti Asuhan An-Nur hanya bertujuan untuk menyekolahkan anak yatim/yatim piatu sampai ke jenjang SMA/SMK. Setelah lulus SMA/SMK, anak tersebut akan dikembalikan ke keluarganya masing-masing. Selain 40 anak yang tinggal di panti, Panti Asuhan An-Nur juga memiliki anak asuh nonpanti sebanyak 290-an anak. Maksud dari anak asuh nonpanti di sini adalah anak asuh yang tetap tinggal bersama keluarganya namun diberikan santunan oleh Panti Asuhan An-Nur. Santunan yang diberikan tidak tetap jumlah dan periode pemberiannya, hal tersebut disesuaikan dengan keadaan keuangan Panti Asuhan An-Nur.

Anak asuh Panti Asuhan An-Nur tidak hanya berasal dari Jakarta atau Depok saja, melainkan ada dari berbagai pelosok seperti Flores, Medan, Purwakarta, Lampung, dan lain-lain. Panti Asuhan An-Nur hanya menerima anak asuh yang minimal sudah kelas 3 SD, hal ini dikarenakan mereka harus mencuci baju sendiri, atau boleh anak yang masih di bawah kelas 3 SD asalkan ada kakaknya di Panti Asuhan An-Nur tersebut sehingga bajunya bisa dicucikan oleh kakaknya. Untuk urusan makan, anak asuh Panti Asuhan An-Nur dimasakkan oleh pengurus panti, dan mereka dibebaskan muntuk makan kapan saja dan seberapa pun selama makanan masih ada. Biaya yang dikeluarkan oleh Panti Asuhan An-Nur per harinya mencapai kurang lebih 8 juta rupiah, biaya tersebut di luar pembelian beras, karena untuk beras biasanya Panti Asuhan An-Nur diberikan oleh para donatur.

Kegiatan para anak asuh Panti Asuhan An-Nur selain sekolah antara lain setiap malam Rabu anak asuh diberikan pelajaran Bahasa Inggris, setiap malam Kamis mereka diberikan pelajaran Bahasa Arab, setiap malam Jum’at diadakan kegiatan yasinan dan juga pelajaran pendalaman agama, dan untuk malam Sabtu khusus untuk pendalaman Al-Qur’an. Untuk pelajaran bahasa diberikan oleh sukarelawan yang mau berbagi ilmu kepada anak asuh Panti Asuhan An-Nur. Para anak asuh diperbolehkan pergi (main) ke luar Panti Asuhan An-Nur asalkan arah dan tujuan yang mereka miliki baik dan bermanfaat. Mereka wajib melapor mau pergi kemana, dengan siapa, dan pulang kapan kepada pengurus Panti Asuhan An-Nur. Agar mereka tidak terjerumus dengan kegiatan-kegiatan yang tidak baik dan juga tidak membuat orang lain khawatir. Jika mereka pulang telat, mereka juga diharuskan menelpon ke panti asuhan.

Selain anak asuh (panti dan nonpanti), Panti Asuhan An-Nur juga mengurus kurang lebih 193 lansia. Para lansia ini diberikan pembinaan saja, yaitu berupa senam setiap pagi hari, pengajian, dan juga pemeriksaan kesehatan. Dan untuk 60 orang lansia diberikan modal usaha, modal tersebut dapat digunakan oleh mereka sendiri atau keluarga mereka untuk membuka suatu usaha. Mereka tidak perlu mengembalikan modal tersebut, namun mereka diwajibkan memberikan infaq sukarela. Nah, kemudian hasil infaq tersebut dikumpulkan dan digunakan untuk modal usaha lansia lainnya yang membutuhkan. Keuangan Panti Asuhan An-Nur bersumber dari para donatur. Salah satunya adalah bapak Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta. Beliau cukup sering menyumbang baik dalam bentuk uang maupun barang untuk anak asuh Panti Asuhan An-Nur. -Hendy Setiawan

About Tim Peduli Sosial

Blog ini kami buat untuk tujuan membantu mereka-mereka (khususnya panti sosial, yayasan, dan tempat-tempat kaum marjinal lainnya) supaya bisa membantu dalam hal perluasan jaringan antar yayasan maupun dengan para donatur. Semoga dengan adanya blog kita ini menjadi sebuah karya yang berguna bagi mereka yang membutuhkan. Akhirnya kami berharap agar blog ini dapat dimanfaatkan demi kemaslahatan semua, khususnya mereka yang membutuhkan.
This entry was posted in Profil Panti and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s